Pendataan Peserta UN

Pendataan Dikmen sedang ramai dibicarakan. Utamanya oleh operator sekolah, baik SMA maupun SMK. Sisi positif pendataan ini sangat banyak. Pastinya, jika agenda pendataan ini berjalan sukses, peta persebaran Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan akan terlihat dengan jelas. Kebijakan pun dapat diambil dengan tepat.

Sisi negatif dari pendataan ini juga ada. Coba kita ingat kembali Pendataan Dikdas 2012 yang telah dirilis lebih awal daripada Pendataan Dikmen. Banyak sekali Operator Dapodikdas yang berkeluh kesah. Hal ini disebabkan oleh aplikasi Dapodikdas yang dulu memiliki banyak masalah. Belum lagi masalah sinkronisasi yang bersamaan, sehingga menyebabkan server pusat menjadi down. Operator pun sulit melaksanakan tuntutan sinkronisasi data.

Pengertian pendataan sendiri dapat diartikan sebagai pen·da·ta·an n 1 proses, cara, perbuatan mendata; 2 pengumpulan data; pencarian data. Pegertian ini didapatkan dari http://kbbi.web.id/data.

Perlu diketahui pula bahwa kecenderungan masyarakat kita, jika dimintai data pasti berharap ada sesuatu yang akan dibagikan kepadanya. Entah budaya itu warisan dari mana, yang jelas, masyarakat menganggap pendataan diartikan sebagai suatu kegiatan pemetaan. Yang berujung dengan pembagian sesuatu. Bisa uang, sembako, pakaian, santunan, dan kartu jaminan. 😀

Formulir pendataan banyak macamnya. Mulai dari pendataan Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan. Yang saya ketahui banyak, formulir pendataan UN siswa SMK. Ini penting sekali. Sebab, sebelum muncul Daftar Nominasi Sementara (DNS) Peserta UN 2014/2015, formulir pendataan itu digunakan sebagai acuan utama kebenaran data. Kalau sampai ada siswa yang belum mengumpulkan formulir pendataan UN, wah, Operator Dapodikmen pasti kalang kabut.

Info pendataan merupakan kata kunci utama para operator Dapodikdas. Bukan Dapodikmen. Soalnya, situs web resmi Pendataan untuk SD dan SMP namanya Info Pendataan – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Alamatnya di dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/ , coba saja kalau tidak percaya.

Pendataan Dikdas sudah saya singgung di atas tadi. Jadi, saya kira tidak perlu saya perpanjang lagi. Ini tema yang amat krusial.

Pendataan siswa. Ehm, pendataan siswa ini saya kira masih terlalu umum. Maksudnya, bisa saja kan pedataan siswa ini bertujuan untuk beberapa hal. Coba kita urutkan sejak awal: pendataan siswa baru, pendataan siswa peserta MOS, pendataan siswa peserta ekstrakurikuler, pendataan siswa peserta Ujian Mid Semester Gasal, pendataan siswa peserta Ujian Semester Gasal, pendataan siswa peserta Ujian Mid Semester Genap, pendataan siswa peserta Ujian Semester Genap, baru kemudian Pendataan siswa peserta Ujian Nasional. Nah, banyak sekali, kan? Mau pilih yang mana sekarang? Yang jelas dong kalau jadi orang. Kalau kebanyakan gini kan saya yang jadi bingung.

Akhirnya, informasi yang sangat mengejutkan adalah: Pendataan UN Tahun Pelajaran 2014/2015 berakhir pada tanggal 31 Desember 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *